Selasa, 27 Mei 2008

memory DDRAM


Sekiranya anda adalah pengguna aplikasi-aplikasi bisnis/komersial yang umum (pengolah kata, pengolah tabel/spreadsheet, dan sebagainya), maka komputer anda akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk akses data ketimbang pengolahan data yang menuntut kinerja prosesor yang cepat. Dalam hal ini, upgrade yang tepat adalah menambah jumlah RAM yang terpasang pada sistem anda.

Jenis RAM yang terpasang juga harus menjadi perhatian. Saat ini penggunaan RAM jenis SDRAM sudah semakin ditinggalkan karena keterbatasannya apabila digunakan pada sistem dengan processor yang cepat, semisal yang sekelas Pentium 4. Sebagai gantinya, tersedia RAM jenis RDRAM/DDRAM. Karena selisih harga yang tidak terlalu jauh dengan SDRAM, maka disarankan untuk memasang DDRAM, khususnya apabila mainboard yang anda miliki mendukung penggunaan RAM jenis ini.

Aplikasi masa kini umumnya dapat bekerja pada RAM 64 MB, tetapi ini adalah konfigurasi minimal. Selain itu, RAM yang sebesar itu juga harus dibagi untuk file-file sistem operasi dan file-file DLL serta program-program residen. Akibatnya sistem terpaksa menggunakan ruang hard disk sebagai Virtual Memory. Penggunaan Virtual Memory yang terlampau besar menyebabkan kinerja sistem menjadi lambat karena kecepatan akses Hard Disk jauh lebih rendah daripada Physical Memory. Besar Virtual memory yang normal maksimal adalah satu setengah kali kapasitas RAM yang terpasang pada sistem.

Kapasitas RAM sebesar 64 MB dianggap cukup memadai untuk ukuran saat ini, namun itupun hanya untuk pengguna sistem operasi Windows 9x/Me. Untuk OS Windows Xp/Windows 2000 keatas, tidak ada pilihan lain kecuali memasang RAM minimal 128 MB, kecuali kalau anda memiliki tingkat kesabaran yang teramat-sangat tinggi. Tapi bila ada dana berlebih pertimbangkan untuk menggunakan kapasitas RAM 256 MB. Makin besar jelas makin baik

Tidak ada komentar: